Minggu, 17 April 2016

Rancangan pada Matahari dan Bumi

Matahari merupakan benda langit yang berukuran raksasa, bintang terdekat dengan kita yang amat penting bagi segala kehidupan yang ada di planet bumi. Bumi sebagai tempat kita hidup, secara ilmiah memiliki rancangan khusus tersendiri. Salah satunya adalah rancangan yang berkaitan dengan matahari. 

Sebelum kita membahas rancangan pada keduanya, gelombang elektromagnetik sangat penting untuk dibahas terlebih dahulu. Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium perantara. Contoh: cahaya matahari dapat sampai ke bumi tanpa perantara udara. Contoh ini merupakan bagian dari rancangan juga, sebab jika cahaya bukan gelombang elektromagnetik, bumi akan sepenuhnya gelap.


Gelombang elektromagnetik panjangnya beragam. Ditiap-tiap panjang gelombang elektromagnetik, mereka memiliki sifat-sifat penting yang perlu diketahui. Jika gelombang semakin pendek, energi yang dikandungnya semakin besar, jika semakin panjang maka energi yang dikandungnya semakin kecil. Contoh gelombang elektromagnetik yang pendek yang sering kita bicarakan adalah sinar "ultra-violet". Sinar gamma, sinar-X, sinar ultra-violet memiliki kemampuan untuk membelah atom. Sinar ultra-violet, memiliki dampak yang besar bagi lingkungan, sinar ini adalah pemicu terjadinya pemanasan global. Namun, sinar ultra-violet juga memiliki manfaat lain, yaitu sebagai fasilitas terbentuknya vitamin D dalam tubuh kita.
Pada spektrum lain, terdapat gelombang panjang yang memiliki energi yang kecil, yaitu sinar infrared, gelombang mikro, dan gelombang radio. Gelombang ini tidak telalu berpengaruh, karena memiliki energi gelombang yang rendah. 

Matahari sebagai pelita yang terang benderang, memancarkan spektrum yang amat sempit. Spektrum yang dipancarkan matahari tiada lain adalah sinar ultraviolet dekat, cahaya tampak, dan sinar inframerah. Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari, berperan untuk pembentukan vitamin D; sinar tampak berperan bagi penglihatan kita, yaitu supaya kita dapat melihat; sinar inframerah tidak dapat dilihat oleh kita, tapi dapat kita rasakan, yaitu panas, sinar inframerah inilah sebagai penghantar panas dari matahari ke bumi, supaya bumi tetap hangat. 

Keberadaan spektrum yang sempit dan bermanfaat ini berawal dari suhu permukaan matahari, yaitu 6.000 derajat C. Jika lebih, maka gelombang-gelombang berbahaya yang bersifat merusak akan masuk ke bumi. Dan apabila kurang dari 6.000 derajat C, maka sedikit sekali gelombang-gelombang yang akan masuk ke bumi. Hal inipun merupakan alasan untuk menantang keberadaan alien (makhluk hijau bermata sipit) di exoplanet, karena pada tiap-tiap bintang pasti memiliki suhu permukaan yang berbeda, sehingga spektrum yang dipancarkan bintang di setiap sistem exoplanet pasti beragam juga.

Gelombang yang dipancarkan oleh matahari, tentunya hasilnya akan sia-sia jika tidak ada rancangan khusus bumi terhadap matahari. Matahari merupakan hal yang mempengaruhi kita, pasti ada kaitannya dengan rancangan yang ada di bumi, diantaranya adalah atmosfer, jarak matahari dan bumi, kemiringan bumi, rotasi bumi, dan revolusi bumi.

7 lapisan atmosfer sangat penting untuk kita ketahui. Allah menciptakan 7 yang kokoh di atas kita. Ketujuh kekokohan ini tentunya memiliki banyak manfaat. Namun, karena pengetahuan penulis sangat terbatas, penulis akan menyampaikan 4 lapisan atmosfer dan manfaatnya saja, yang tentunya 4 lapisan atmosfer ini ada kaitannya dengan rancangan matahari. 4 lapisan atmosfer yang akan dibahas dalam kesempatan ini adalah sebagai berikut.

1. TROPOSFER

Troposfer adalah lapisan level rendah atmosfer. Pada troposfer kita sering melihat awan putih dan hujan. Lapisan atmosfer ini adalah pelindung/tameng yang melindungi bumi dari berbagai radiasi-radiasi berbahaya yang dipancarkan bintang. Selain itu, dikarenakan adanya awan dan hujan, maka fungsi lapisan ini adalah menjaga suhu permukaan bumi supaya tetap stabil. Awan berwarna putih, itu karena supaya awan dapat memantulkan cahaya matahari yang mengandung gelombang panar, adanya hujan supaya permukaan bumi tidak kering akibat panas yang sangat.

2. OZONOSFER

Seperti yang telah kita ketahui, lapisan ozon menyerap sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari. Hal ini melindungi bumi supaya tidak mengalami pemanasan global.

3. IONOSFER

Lapisan ini adalah lapisan yang terionisasi oleh radiasi matahari. Lapisan ini berperan penting bagi keelektrikan atmosfer dan membentuk batas dalam lapisan magnetosfer. Fungsi utamanya, di antara fungsi-fungsi yang dimilikinya, adalah mempengaruhi rambatan radio ke tempat-tempat yang jauh di muka bumi. Lapisan ionosfer yang terbentuk akibat reaksi kimia ini juga merupakan lapisan pelindung bumi dari batu meteor yang berasal dari luar angkasa karena ditarik oleh gravitasi bumi. Pada lapisan ionosfer ini, batu meteor terbakar dan terurai. Jika ukurannya sangat besar dan tidak habis terbakar di lapisan udara ionosfer ini, maka akan jatuh sampai ke permukaan bumi yang disebut Meteorit. Fenomena aurora yang dikenal juga dengan cahaya utara atau cahaya selatan terjadi pada lapisan ini.

4. EKSOSFER

Eksosfer merupakan lapisan terluar atmosfer bumi. Dalam eksosfer terdapat medan magnet bumi yang bekerja untuk melindungi bumi dari radiasi kosmik yang dipancarkan matahari.

Jarak antara matahari dan bumi adalah 1 Satuan Astronomi, atau sama dengan 150.000.000 km. Jika jaraknya lebih sedikit maka bumi terasa panas terbakar, jika kurang maka bumi terasa dingin membeku.
 
Kemiringan bumi pun memiliki manfaat yang beragam, salah satu manfaatnya adalah "keberadaan iklim" dan "perbedaan lama malam dan siang di berbagai wilayah". Berdasarkan peta astronomis, disana terdapat istilah "garis lintang" dan "garis bujur". Garis lintang merupakan garis khayal yang melingkari bumi dari barat hingga timur, sedangkan garis bujur merupakan garis yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan. Keberadaan peta astronomis, membuat kita semakin mudah untuk menentukan iklim.
Perbedaan iklim, mengakibatkan perbedaan lama malam dan siang, serta perbedaan musim. Lama malam dan siang di iklim tropis adalah 12 jam, sedangkan di iklim lain bisa saja siang adalah 19 jam. Perbedaan lama siang dan malam, menyebabkan terjadinya perbedaan musim. Contoh: di iklim tropis lama siang adalah 12 jam, maka musimnya ada 2, kemarau dan penghujan, karena suhu di iklim tropis rata-rata adalah 27 derajat C, jika seandainya ada musim dingin di iklim tropis maka suhu di iklim tropis akan menurun. Sebagai kesimpulan, jadi kemiringan bumi ini ada, supaya temperatur bumi tetap stabul.
 
Lama rotasi pun ada kaitannya dengan matahari. Jika rotasi bumi melebihi dari 24 jam, maka belahan bumi siang akan semakin panas dan belahan bumi malam akan semakin dingin membeku. Jika kurang dari 24 jam, kecepatan angin akan bertambah sebagaimana planet Jupiter, dan manfaat gelombang panas matahari yang disampaikan ke bumi akan semakin mengecil.
 
Lama waktu revolusi pun memiliki manfaat, terutama pada lama musim. Lama revolusi bumi adalah 365 hari. Hal itu menyebabkan lama musim di bumi teratur bagi kehidupan yang ada di dalamnya. Jika lebih maka lama musim panas akan menyebabkan suhu bumi meningkat semakin ekstrim, jika kurang waktu pergantian musim akan semakin cepat.
 
Wallahu a'lam
 
"dan Kami menjadi siang untuk mencari penghidupan, dan Kami bangun diatasmu tujuh (langit) yang kokoh, dan Kami menjadikan pelita yang terang benderang, dan Kami turunkan dari awan, air hujan yang tercurah dengan hebatnya, untuk Kami jadikan tumbuhkan dengan air itu biji-bijian dan tanam-tanaman, dan kebun-kebun yang rindang." (QS. An-Naba: 11 - 16)

6 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. hy guys ingin nmendapatkan uang jutaan rupiah gak ^^
    ayo segera bergabung dengan saya di AJOQQ.CLUB
    disini hanya dengan minimal deposit 15.000 kalian semua bisa menang jutaan rupiah lo
    ayo tunggu apa lagi kami tunggu ya pendaftarannya ^^

    BalasHapus
  3. mari coba keberuntungannya bersama kami hanya dengan
    deposit minimal 10.000 bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apalagi, segera bergabung bersama kami di IONQQ".COM

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus