Jumat, 11 Maret 2016

Konsep Zat


Zat adalah sesuatu yang memiliki masa dan menempati ruang. (id.wikipedia.org) Zat memiliki tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Zat padat dapat berubah menjadi zat gas dan cair. Perubahan setiap wujud zat dipengaruhi oleh perbedaan temperatur yang tinggi. Zat padat akan semakin padat bila terjadi penyusutan, zat padat akan berkurang kepadatannya akibat terjadinya pemuaian. Perubahan zat padat ke gas disebut menyublim, gas ke padat mengkristal, gas ke cair mengembun, cair ke gas menguap, cair ke padat membeku, padat ke cair melebur.



Ketiga wujud zat ini memiliki sifat-sifat tersendiri,
  • Zat padat susunan partikelnya sangat teratur, jarak antar partikelnya sangat rapat, gaya tarik antar partikel sangat kuat, memiliki bentuk tetap dan memiliki volume tetap.
  • Zat cair susunan partikelnya kurang teratur, jarak antar partikelnya renggang, gaya tarik antar molekul tidak terlalu kuat, bentuknya dapat berubah sesuai wadahnya, memiliki volume tetap.
  • Zat gas susunan partikelnya tidak teratur, jarak antar partikel saling berjauhan, gaya tarik antar molekul lemah, bentuknya dapat berubah-rubah dan dapat memenuhi ruang, volumenya berubah-rubah.

MASSA JENIS ZAT

Tiap-tiap zat memiliki massa jenis yang berbeda. Massa jenis/Densitas merupakan suatu bilangan yang menyatakan perbandingkan massa suatu zat dengan volumenya. massa jenis dilambangkan dengan huruf rho (alfabet yunani). Secara matematis, massa jenis dapat ditentukan dengan persamaan berikut.
Keterangan:
Rho = massa jenis ... kg/m3
m = massa ... kg
V = volume ... m3


MENISKUS DAN KAPILARITAS

Meniskus adalah bentuk permukaan zat cair dalam sebuah tabung karena pengaruh tegangan muka. Kapilaritas adalah peristiwa naik atau turunnya zat cair dalam pipa kapiler. Pipa kapilar adalah pipa yang ukuran diameternya sangat kecil. Meniskus dipengaruhi oleh dua gaya, adhesi dan kohesi. Adhesi adalah gaya tarik menarik antar molekul yang tidak sejenis, kohesi adalah gaya taik menarik antar molekul yang sejenis. Meniskus terbagi menjadi dua macam, yaitu:
  • Meniskus cembung terjadi apabila kohesi zat cair lebih kuat daripada adhesi partikel zat cair dengan zat padat.
  • Meniskus cekung terjadi apabila kohesi zat cair lebih lemah daripada adhesi partikel zat cair dengan zat padat.

5 komentar:

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus
  2. hy guys ingin nmendapatkan uang jutaan rupiah gak ^^
    ayo segera bergabung dengan saya di AJOQQ.CLUB
    disini hanya dengan minimal deposit 15.000 kalian semua bisa menang jutaan rupiah lo
    ayo tunggu apa lagi kami tunggu ya pendaftarannya ^^

    BalasHapus
  3. mari coba keberuntungannya bersama kami hanya dengan
    deposit minimal 10.000 bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apalagi, segera bergabung bersama kami di IONQQ".COM

    BalasHapus