Sabtu, 12 Maret 2016

Operasi Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan dapat dibentuk sebagai berikut.
a adalah pembilang dan b adalah penyebut. Setiap yang diatas adalah pembilang dan setiap yang dibawah adalah penyebut.Bilangan pecahan meliputi persen (%), persen adalah "perseratus" atau pecahan yang penyebutnya bernilai 100. "Per" merupakan pembagian, jadi kita dapat mendefinisikan bahwa bilangan pecahan merupakan pembagian antara pembilang dan penyebut yang pada biasanya nilai pembilang lebih besar daripada penyebut. Bila pembilang dibagi penyebut maka hasilnya adalah bilangan desimal, seperti 1,5.

Pada bilangan pecahan terdapat bilangan pecahan negatif dan bilangan pecahan positif, bilangan ini merupakan bilangan riil. Bilangan riil terbagi menjadi dua macam, yaitu bilangan rasional dan irasional. Bilangan rasional (kita kaitkan dengan judul) merupakan bilangan yang jika pembilang dibagi penyebut maka hasilnya desimal dan angka di belakang koma tidak berpola dan berujung, seperti 1,5; 2,467; dan 4,6. Bilangan irasional merupakan bilangan yang tidak rasional, jika pembilang dibagi penyebut maka hasilnya desimal dan angka di belakang koma tidak berpola dan tidak berujung, seperti 3,14... hasil dari 22/7.

Perlu diketahui 1,5 dibaca "satu koma lima", 1,001 dibaca "satu koma nol nol satu", 1,50 "satu koma lima", 1,501 "satu koma lima nol satu", 1,76 dibaca "satu koma tujuh enam" bukan "tujuh puluh enam". 

Operasi pada bilangan pecahan memiliki aturan yang sama dengan operasi bilangan bulat.

1. PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN

Bilangan pecahan dapat dikurangi dan ditambah asalkan penyebut antar pecahan sama dan disamakan melalui KPK. Contoh:

2. PERKALIAN

Perkalian tidak seperti penjumlahan/pengurangan pada bilangan pecahan. Dalam perkalian bilangan pecahan, penyebut tidak perlu sama. Contoh: 

3. PEMBAGIAN

Pembagian pada bilangan pecahan tidak sama caranya seperti pembagian pada biasanya. a : b artinya a dibagi b, a adalah bilangan yang akan akan dibagi b adalah bilangan pembagi. Karena a dan b adalah pecahan maka bentuknya adalah
Maka bila itu dibagi gamma per delta dibalik menjadi delta per gamma dan lambang pembagian pun berubah menjadi lambang perkalian.
Contoh:

5 komentar:

  1. behind it all they actually did oprasi plastic, because it was easy to distinguish the
    togel online

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus
  3. mari coba keberuntungannya bersama kami hanya dengan
    deposit minimal 10.000 bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apalagi, segera bergabung bersama kami di IONQQ".COM

    BalasHapus