Sabtu, 27 Februari 2016

Gerhana Matahari

Gerhana Matahari terjadi jika bayangan Bulan bergerak menutupi permukaan bumi. Pada gerhana matahari ini, posisi Bulan berada diantara Matahari dan Bumi, dan ketiganya terletak dalam satu garis lurus. Gerhana Matahari terjadi pada waktu bulan baru (bulan muda).

Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Akibat ukuran Bulan lebih kecil dibandingkan Bumi atau Matahari maka terjadi 4 kemungkinan gerhana, yaitu gerhana matahari total, sebagian, cincin dan hibrida. Berikut adalah penjelasannya.

1. GERHANA MATAHARI TOTAL

Gerhana ini terjadi pada daerah-daerah yang berada di bayangan inti (umbra) sehingga cahaya Matahari tidak tampak sama sekali. Gerhana Matahari total terjadi hanya 6 menit.

2. GERHANA MATAHARI CINCIN

Gerhana ini terjadi pada daerah yang terkena lanjutan bayangan inti, sehingga matahari kelihatan seperti cincin.

3. GERHANA MATAHARI SEBAGIAN

Gerhana ini terjadi pada daerah-daerah uang terletak diantara umbra (bayangan inti) dan penumbra (bayangan kabur), sehingga Matahari terlihat sebagian.

4. GERHANA MATAHARI HIBRIDA

Gerhana ini merupakan gerhana yang bergeser antara gerhana total dan gerhana cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang.

2 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus