Jumat, 26 Februari 2016

Luas Bangun Datar Dasar Garis Lurus

Disebut "luas bangun datar dasar" adalah bangun dasar yang dapat dicari luasnya dengan satu rumus, seperti segitiga, lingkaran, persegi, belah ketupat dan layang-layang, serta trapesium dan jajargenjang. Judul entri tertuliskan garis lurus, bukan garis lengkung. Garis lurus ini adalah garis yang besar sudutnya adalah 180 derajat. Dalam postingan kali ini penulis akan menukilan Luas Bangun Datar Dasar Garis Lurus. Luas sering dilambangkan A dalam fisika, namun dalam buku ajar sering dilambangkan dengan L. Penulis akan menggunakan huruf A (Area) dalam kasus ini. Satuan luas menggunakan satuan meter persegi, atau are.

1. LUAS PERSEGI

Pertama-tama sebelum ke materi, mari kita bayangkan sebentar. Sekelompok pasukan sedang dihitung anggotanya oleh panglima besar, yang mana saf depannya terdiri dari 100 orang dan tiap-tiap banjarnya terdiri dari 100 orang. Bagaimana seorang panglima besar dapat menghitung jumlah anggota pasukannya dalam waktu beberapa menit (sebentar)? Jawabannya sang panglima harus mengkalikan jumlah orang dalam satu banjar dan jumlah orang yang berada di saf depan, itu artinya sang panglima harus mengkalikan 100 x 100. Luas persegi juga sama, namun kita ganti model angkanya menjadi huruf s, s singkatan dari side, side berarti sisi. Berikut adalah rumus persegi.

2. PERSEGI PANJANG

Luas persegi panjang dapat ditentukan dengan sangat mudah. Seorang pimpas akan menghitung anggota pasukannya, saf terdepan terdiri dari 200 orang dan di tiap-tiap banjar terdiri dari 50 orang. Seorang pimpas dapat menghitung anggotanya dengan cara mengkalikan 200 dengan 50. Luas persegi panjang juga sama, kita ganti model angkanya dengan huruf l (long/p panjang) dan w.(wide/ l lebar). Berikut adalah rumus mencari luas persegi panjang.

3. LUAS SEGITIGA

Sebelumnya penulis menyampaikan dalam artikel lain bahwa segitiga merupakan setengah dari bangun segiempat. Di dalam segitiga terdapat alas (a / base b) dan tinggi (t / high h). Persegi/persegi panjang memiliki alas dan tinggi pula, alas merupakan panjang dan tinggi merupakan lebar. Segitiga telah membagi dua perkalian panjang dengan lebar. Sehingga rumusnya adalah sebagai berikut.

4. LUAS JAJAR GENJANG

Meunurut penulis luas jajar genjang merupakan 2 luas segitiga pada dulunya, karena dalam jajar genjang ada alas dan tinggi, 2 luas segitiga yang saling terbalik ditambahkan sehingga hasilnya adalah alas dikali tinggi.

4. LUAS TRAPESIUM


Secara matematis luas trapesium dapat dihitung dengan mengkalikan setengah dengan tinggi dan jumlah kedua alas yang berbeda. Itu dapat ditulis menjadi.

5. LUAS LAYANG-LAYANG DAN BELAH KETUPAT

Belah ketupat tidak sama dengan persegi, tiap-tiap sudut dalam persegi memliki besar sudut 90 derajat, sedangkan belah ketupat memiliki 2 sudut lancip yang berhadapan sama besar dan 2 sudut tumpul yang berhadapan sama besar sehingga sudut-sudut itu membuahkan efek panjang-pendeknya suatu diagonal. Layang-layang berbeda dengan belah ketupat layang-layang memliki 2 sudut yang berhadapan sama besar dan tidak siku-siku. Namun kedua bangun ini dapat ditentukan luasnnya dengan rumus yang sama.







 




2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus