Kamis, 25 Februari 2016

Sifat-sifat Cahaya


Cahaya merupakan gelombang elekromagnetik, sehingga cahaya dapat merambat tanpa memerlukan medium. Cahaya merambat dengan kecepatan penuh, melebihi kecepatan roket yang telah dibuat oleh manusia, yakni bahwa kecepatan cahaya adalah kurang lebih 300 juta meter per sekon. Cahayalah yang membuat kehidupan ini sangat selaras benar, tanpa cahaya kehidupan di alam semesta ini tidak akan pernah terjadi sama sekali.

Cahaya memiliki sifat-sifat tertentu, dalam kehidupan sehari-hari kita justru dapat mengidentifikasi bagaimana dan seperti apa sifat-sifat cahaya itu. Sifat cahaya ada 4 sifat yaitu, 1) merambat lurus, 2) dapat dibiaskan, 3) dapat dipantulkan, 4) merupakan gelombang elekromagnetik. Berikut adalah penjelasan sifat-sifat cahaya.

1. CAHAYA MERAMBAT LURUS

Cahaya dapat merambat kesegala arah. Misalnya, jika lilin atau lampu yang kamu nyalakan di tempat gelap, maka kamu dapat melihat isi ruangan itu, atau bahwa daerah yang ada disekitar lampu/lilin tersebut menjadi terang.

2. CAHAYA DAPAT DIBIASKAN

Cahaya dapat dibiaskan ketika melalui medium dengan kerapatan yang berbeda. Kecepatan cahaya saat melalui medium yang berbeda, akan semakin besar besar pula efek pembiasan yang terjadi. Namun pembiasan tidak akan terjadi bila benda yang dicelupkan pada mediun itu tegak lurus.

3. CAHAYA DAPAT DIPANTULKAN

Cahaya dapat dipantulkan jika cahaya menubruk suatu permukaan bidang datar, pemantulan yang terjadi dapat berupa pemantulan baur dan teratur.
Pada pemantulan baur atau teratur, menurut hukum Snellius selalu sama besar sudut cahaya datang dengan cahaya pantul.
Secara matematis hukum Snellius ini ditulis sebagai berikut,
i = sudut datang
r = sudut pantul

4. CAHAYA MERUPAKAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

Cahaya dapat mentransfer energi dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa menggunakn medium sehingga cahaya merupakan gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik terbentuk karena adanya perubahan medan magnet dan medan listrik secara periodik. Cahaya dapat dilihat oleh mata manusia adalah bagian yang sangat kecil dari spektrum radiasi elektromagnetik. Cahaya yang dapat dilihat oleh kita disebut cahaya tampak. Cahaya tampak adalah cahaya yang memliki panjang gelombang elektromagnetik yang dapat dideteksi oleh mata manusia.


 



2 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus