Minggu, 28 Februari 2016

Indra Pendengaran pada Manusia

Atas nikmat Allah yang patut syukuri, telinga. Dengan telinga Allah menkaruniakan lagi beberapa kenikmatan melalui telinga yang telah diciptakan-Nya. Seseorang yang memiliki telinga akan merasa bahwa dunia ini tidaklah sepi dan sunyi. Manusia akan lebih interaktif dan bisa berkomunikasi, jika dia memiliki telinga. Bilamana Allah tidak memberikan kepada kita telinga, maka kita tidak akan dapat berbicara, berkomunikasi dan merasa ketakutan yang mendalam karena merasa bahwa dunia itu sunyi tanpa suara.

Dalam postingan ini, penulis akan menyampaikan bagaimana mekanisme proses mendengar pada manusia dan bagian-bagian telinga serta syaraf pendengaran.

1. BAGIAN-BAGIAN TELINGA

Telinga merupakan organ pendengaran. Telinga terdiri atas tiga bagian, yaitu telinga luar, tengah dan dalam. 

a. Telinga Luar

Telinga luar terdiri atas daun telinga yang merupakan tulang rawan elastis. Daun telinga berfungsi untuk menerima dan mengumpulkan suara yang masuk, terdapat rambut-rambut halus yang berfungsi untuk menghalangi benda asing yang masuk. Selain itu, terdapat kelenjar lilin yang menjaga agar permukaan saluran luar dan gendang telinga tidak kering.

b. Telinga Tengah

Telinga tengah disebut juga rongga timpani merupakan bilik kecil yang mengandung udara. Rongga ini terletak di sebelah dalam membran timpani atau gendang telinga. Di sebelah depan telinga tengah tedapat saluran eustachius yang menghubungkan rongga dengan faring. Saluran ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan tekanan udara antara udara luar dengan udara di dalam telinga tengah.

Di dalam rongga telinga tengah tedapat tiga tulang, yaitu tulang martil yang melekat pada gendang telinga, tulang landasan, dan tulang sunggurdi yang berhubungan dengan jendela oval pada telinga dalam. Ketiga tulang ini berfungsi untuk mengalirkan getaran suaru dari gendang telinga ke rongga telinga dalam.

c. Telinga Dalam

Rongga telinga dalam terdiri atas berbagai tongga yang menyerupai saluran-saluran dalam tulang temporalis. Rongga-rongga ini disebut labirin tulang dan dilapisi membran membentuk labirin membranosa.

Labirin tulang terdiri atas tiga bagian, yaitu vertibula, saluran setengah lingkaran yang bersambung dengan verstibula, dan kokhlea. Kokhlea adalah sebuah tabung berbentuk spiral yang membelit dirinya seperti rumah siput. Dalam setiap belitan terdapat saluran membranosa yang mengandung ujung-ujung akhir saraf pendengaran. Cairan dalam labirin membranosa disebut endolimfa dan di luar labirin membranosa disebut perilimfa.

2. SYARAF PENDENGARAN

Saraf pendengaran (nervus auditorius) terdiri atas dua bagian, salah satunya berkaitan dengan bagian vestibuler rongga telinga dalam yang berhubungan dengan keseimbangan. Serabut-serabut syaraf ini bergerak menuju nukleus vestibularis yang berada pada titik pertemuan antara pons dan medula oblongata, kemudian bergerak ke cerrebellum.

Bagian kokhlearis pada nervus auditorius adalah syaraf pendengar yang sebenarnya. Cedera pada syaraf khokhlearis akan mengakibatkan ketulian syaraf. Sedangkan, cedera pada syaraf vestibularis akan menimbulkan pertigo.

3. MEKANISME PROSES MENDENGAR MANUSIA

Gelombang suara yang masuk ke dalam liang telinga akan memukul gendang telinga sehingga bergetar yang akan ditransmisikan melintasi telinga tengah. Telinga tengah dihubungkan ke nasofaring oleh tabung Eustachius. Getaran dari osikula yang paling dalam ditransmisikan ke bagian telinga dalam melalui membran jendela oval ke kokhlea yang berisi cairan limfa. Selanjutnya, getaran diteruskan dengan gerak berlawanan arah ke jendela bundar. Di bagian ruang kokhlea terdapat organ kortil yang berisi sel-sel rambut yang sangat peka. Inilah reseptor getaran yang sebenarnya. Sel-sel rambut tersebut terletak di antara membran basiler dan membran tektorial. Implus listrik yang timbul dari sel ini kemudian diteruskan ke sel syaraf auditori ke otak. Dengan terjadinya proses tersebut kita dapat mendengar suara.

1 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus